Kamis, 27 Oktober 2016

50 Model Desain Gorden Kamar Tidur Minimalis

Gorden Kamar Tidur – Tidak hanya sebagai ornamen penting pada jendela yang berfungsi sebagai penghalang sinar matahari masuk dan penutup dari pandangan orang di luar, rupanya gorden juga memiliki fungsi estetis memperindah desain interior ruangan. Pada artikel kali ini kami sajikan ulasan model desain gorden kamar tidur berkonsep minimalis yang akhir-akhir ini menjadi konsep yang nge-trend di kalangan pemilik hunian. 

Berbeda dengan gorden jendela ruang tamu, fungsi dari gorden jendela kamar tidur ditambah dengan menutupi aktifitas dalam kamar dari pandangan orang di luar. Karena fungsi estetika tidak begitu diterapkan, maka model gorden jendela kamar tidur minimalis pun cukup disesuaikan dengan konsep dan tema kamar tidur, serta warna dinding dan furniture sekitarnya. Material yang digunakan pun lebih tebal daripada gorden jendela ruang tamu. Dan umumnya tidak menggunakan vitrase (kain gorden tipis yang digantung sebelum gorden basic).

Umumnya tirai atau gorden kamar tidur cukup digantung dan memiliki model polos berwarna kalem. Seiring bertambahnya variasi desain dan tema hunian, model gorden kamar tidur juga mengikuti perkembangan desain tersebut.  Lalu bagaimana memilih gorden kamar tidur yang sesuai dengan konsep minimalis dan tema hunian? Dan apa saja warna gorden kamar tidur yang menarik dan menimbulkan kesan nyaman bagi penghuninya, termasuk anak-anak? Simak ulasannya berikut ini! 

Tips Memilih Gorden Kamar Tidur Minimalis

Memilih gorden kamar tidur minimalis tentunya tidak boleh sembarangan, apalagi jika kamar tidur sudah memiliki konsep dan temanya sendiri. Perhatikan beberapa hal berikut ini :

Satu, tentukan jenis gorden kamar tidur minimalis. Jenis yang paling sering ditemukan di pasaran adalah gorden geser, kombinasi gorden bervitrase (sheer), atau gorden lipat. Pilihlah jenis yang mudah diatur sesuai keinginan. Karena konsep minimalis juga berarti konsep yang tidak ribet, maka jenis gorden geser dan gorden lipat yang paling tepat untuk kamar tidur.

Kedua, serasikan motif tirai dengan bed cover. Bingung memilih banyak model gorden kamar tidur minimalis? Padukan saja dengan bed cover. Semisal bed cover tidak memiliki corak alias polos, maka pilih gorden polos. Jika bermotif, maka pilih gorden bermotif kurang lebih sama dengan bed cover. 

Ketiga, pilih gorden dengan vitrase atau sheer. Vitrase ini layaknya gorden tipis, fungsinya melengkapi gorden dan sebagai tambahan penghalang. Vitrase  ini juga mampu menghalangi cahaya keluar dari ruangan, meski tidak menutup gorden utama. Umumnya vitrase berwarna broken white (putih tulang).

Keempat, sesuaikan dengan tema. Kamar tidur minimalis pun memiliki temanya sendiri, sesuai keinginan penghuninya. Penerapan tema ini menentukan pula model, motif dan warna gorden kamar tidur. Jika tema yang dipakai adalah Lembut nan Romantis, maka model gorden gantung berponi dengan warna dasar putih bermotif merah bisa menjadi pilihan utama. Bisa juga model tirai ikat samping (tirai lipat) dengan tambahan aksesori tassel dan hook tassel berwarna biru mint atau hijau shabby. 

Warna Gorden Kamar Tidur

Berkaitan dengan tips memilih gorden kamar tidur minimalis diatas, warna gorden kamar tidur jelas sangat menentukan nilai estetis gorden tersebut. Kamar tidur bernuansa tenang dengan dominan warna putih pada dinding dan furniture akan cocok dengan warna kalem seperti warna pastel polos atau bercorak lembut. 

Tak luput pula penentuan warna gorden kamar tidur dengan tema kamar tidur. Penyuka gaya girly chic tentu memilih warna gorden dominasi ungu, pink, fuschia, pale blue dan kuning muda. Berbeda dengan penyuka tema mewah elegan. Warna anggun seperti coklat keemasan, emas, ungu tua, royal blue dan merah hati lebih cocok menghiasi gorden bermodel lipat dengan tambahan poni gorden dan lace. 

Masih bingung menentukan warna gorden kamar tidur minimalis? Pakai saja warna yang tidak dominan dari seluruh perabot kamar tidur.

Gorden Kamar Tidur Anak

Kamar tidur anak berciri memiliki tema unik dengan karakter-karakter lucu didalamnya. Warna yang ditampakkan karakter-karakter ini mampu membuat kamar tidur anak menjadi lebih menarik, tak terkecuali pada gorden kamar tidur anak. Beberapa hunian memasangkan gorden dengan motif sesuai karakter kesukaan anak. Atau mengambil warna yang menjadi ciri khas dari karakter anak tersebut.

Semisal sang anak menyukai karakter Smurf yang identik dengan warna biru langit. Maka gorden kamar tidur anak bisa berwarna biru langit, atau putih tulang, atau bermotif karakter Smurf itu sendiri. Dan umumnya, gorden kamar tidur anak bermodel gorden lipat dengan hook tassel minimalis.

Model gorden kamar tidur minimalis diatas bisa dijadikan referensi dasar dalam memilih gorden yang cocok dengan interior kamar tidur anak Anda. Pemilihan warna gorden kamar tidur minimalis yang tepat akan menimbulkan kesan yang lebih mengena dan berkarakter. Sehingga menjadikan anak tidak cepat bosan atau betah di dalam kamar tidur.